Kamis, 25 April 2024

Segala persoalan pasti akan berlalu: Renungan Harian Kristen

Banyak sekali persoalan yang terkadang mengiringi setiap perjalanan hidup seseorang dan respon terhadap masalah tersebut juga berbeda-beda. ada yang setia dan mengandalkan Tuhan, ada yang mengandalkan kekuatannya sendiri dan ada juga yang menyerah.


Bagi anak-anak Tuhan yang percaya kepada-Nya menyakini bahwa segala persoalan pasti akan berlalu dan kebahagian pasti akan datang. Namun tidak semua memiliki pemikiran yang seperti ini, karena setiap orang memiliki iman yang berbeda-beda.

Segala persoalan pasti akan berlalu

Firman Tuhan hari ini mengajak kita untuk membaca Filipi 4:13, "Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku. Semua orang yang hidup pasti memiliki masalah, sehingga jangan pernah takut kepada masalah.

Hanya orang yang sudah mati yang tidak memiliki masalah. Oleh sebab itu, kitab Filipi mengajarkan dan juga memberi nasehat bahwa kita harus memiliki iman dan percaya kepada-Nya.

Percayalah bahwa setiap masalah pasti selalu ada jalan keluar dan Dia tidak akan meninggalkan kia seorang diri. Mari kita juga belajar kepada Ayub yang menderita penyakit yang parah, kehilangan anak-anak dan juga hartanya.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melewati segala persoalan, di antaranya adalah tekun dalam berdoa, membaca firman Tuhan dan setia dalam beribadah.

1. Tekun berdoa

Doa adalah nafas bagi kehidupan rohani seseorang, tanpa doa maka iman seseorang akan menjadi tumpul dan tidak bertumbuh.

Memulai dan meluangkan waktu untuk beroda terkadang memang sulit, namun hal ini perlu untuk dilakukan. Buatlah waktu khusus setiap hari untuk menaikan syafaat kepada Tuhan, khususnya untuk setiap persoalan dan masalah-masalah yang kamu hadapi.

Dengan tekun berdoa setiap waktu maka imanmu akan semakin bertumbuh dan membuat kita menjadi lebih kuat dan tangguh.

2. Membaca Firman Tuhan

Sudahkan kita membaca firman Tuhan setiap hari? Jika belum dan masih jarang-jarang, maka mulailah untuk setia membacanya. Firman Tuhan di dalam Alkitab sungguh sangat indah sekali, karena banyak kebenaran-kebenaran dan kuasa-Nya dinyatakan.

Dengan membaca firman dan merenungkannya siang dan malam, maka kita akan bertumbuh di dalam kedewasaan secara rohani. Anak-aak Tuhan akan semakin peka dan mengerti kehendak Tuhan, khususnya mengenai apa yang sedang terjadi dan juga ia alami.

Kepekaan akan kehendakan Tuhan inilah yang akan membuat seseoran menjadi kuat dan yakin bahwa dengan pertolongan dari-Nya segala persoalan pasti akan berlalu.

3. Setia dalam beribadah

Cara mengatasi segala persoalan dan kesulitan yang terakhir adalah dengan mencari Tuhan melalui ibadah. Di gereja kita akan bertemu saudara dengan Tuhan, mendengar sabda-Nya dan puji-pujian yang dinaikan akan memberi kekuatan yang baru.

Selain itu, kita juga akan bertemu dengan saudara-saudara seiman yang bisa saling menguatkan dan memberi semangat. Semakin banyak orang percaya berdoa, maka kuasanya akan semakin nyata. Oleh sebab itu, jangan pernah meninggalkan ibadah dan segala bentuk persekutuan yang ada di gereja.

Percayalah bahwa firman Tuhan yang tertulis di dalam kitab Filipi adalah sungguh benar, Allah akan memberikan kekuatan dan pertolongan kepada kita tepat pada waktunya, amen. 

 Ayat Alkitab yang menjadi nats hari ini: Filipi 4:13, "Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku. Semua orang yang hidup pasti memiliki masalah, sehingga jangan pernah takut kepada masalah."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Dia adalah hakim yang Adil: Mazmur 92

Adalah baik untuk menyanyikan syukur kepada TUHAN, dan untuk menyanyikan mazmur bagi Yang Maha Tinggi, karena Dia adalah hakim yang adil.  D...