Membuat blog sederhana dan berkualitas

Membuat blog sederhana dan berkualitas tentuk sangat mudah, hal pertama yang diperlukan adalah mampu menulis artikel yang original dan bukan copas dari artikel orang lain. Membuat blog yang berkualitas bukan hanya terletak pada desaiannya, tetapi jua melalui tulisan-tulisan yang diterbitkan.

Apabila kalian suka dan memiliki kemampuan dalam menulis maka hal ini bisa dimanfaatkan untuk membuat blog. Dulu saya mengangap bahwa membuat blog yang bagus itu terlalu sulit dan rumit, karena tidak memiliki kemampuan coding. 

Namun karena ada kemauan yang kuat maka sekarang sudah mulai memahami banyak mengenai membangun dan mengembangkan sebuah blog. Yang lebih menguntungkan lagi blog saya sudah adsence, meskipun pendapatan masih kecil.

Membuat blog sederhana

Ada banyak cara untuk belajar, yaitu melalui tutorial youtube ataupun melalui artikel-artikel blog yang membahas mengenai membuat blog. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk berkata aku tidak bisa atau terlalu sulit.

Mebuat blog yang sederhana bidilangkan dengan blogger atau juga dengan wordpress, tinggal pilih saja mana yang disukai dan lebih baik. Apabila ingin membuat blog secara free atau gratis, maka kalian bisa menggunakan blogger.com.

Kalian bisa mendaftar disini blogger.com. Selanjutnya gunakan email kalian untuk mendaftar. Untuk cara selanjutnya silahkan kalian cari cara untuk membuat blog di bloger. Ada banyak artikel yang membahas hal ini dan kalian bisa temukan puluhan blog di search google. 

1. Buatlah halaman blog

Setelah blog sudah jadi, maka buatlah halaman yang berisi tentang "privacy police, disclaimer dan terms and conditions." Meskipun hal ini sepele namun sangat mempengaruhi blog ketika di daftarkan ke adsence google.

Blog yang tidak memiliki halaman tentang ketiga hal tersebut biasa akan ditolak dan tidak akan diterima adsence. Cara membuatnya pun cukup gampang dan tidak perlu susah-susah membuat, karena sudah ada pembuatan secara otomatis.

Kalian bisa menggunakan web generator online secara gratis untuk membuat "privacy police, disclaimer dan juga terms and conditions." Apabila ingin membuatnya dalam bahasa indonesa kalian dapat mentranslite atau membuat sendiri secara original.

2. Buatlah judul blog dan berbagai kategori 

Untuk membuat blog sederhana dan berkualitas dapatlah juga dilakukan dengan menentukan topik dan juga kategori blog. Topik sebuah blog memiliki peranan yang sangat penting sekali. 

Meskipun blog tersebut membahas hal-hal yang sederhana namun ketika isi dan topiknya sesuai, akan memudahkan pembaca untuk menemukan apa yang mereka cari. Misalnya blog pendidikan maka bahaslah hal-hal yang berkaitan  dengan pendidikan.

Sehingga apabila ada orang yang mencari informasi mengenai pendidikan maka blog ada bisa menjadi salah satu referensi yang akan dituju. Apabila topik blog mengenai bitcoin maka tulislah artikel-artikel yang berkaitan dengan bitcoin.

Selanjutnya buatlah kategori yang mencerminkan blog kalian. Buat saja sesuai dengan selera dan keinginan, yang terpenting jika sudah dibuat jangan di ganti atau dirubah-rubah. Dengan demikian, blog akan menarik dan lebih berkualitas.

3. Tulislah tulisan yang bermanfaat

Langkah selanjutnya adalah dengan menulis artikel yang baik. Artinya gunakan bahasa Indonesia yang benar supaya pembaca tidak mengalami kesulitan dalam memahami artinya.

Tulislah dengan bahasa yang jelas dan jangan ambigu atau membingungkan. Apabila blog kalian menggunakan bahasa Indonesia, maka gunakanlah bahasa yang baku dan jangan bahasa daerah. 

Namun jika blog memang ditulis khusus dalam bahasa daerah, juga tidak apa-apa karena sasaran sudah jelas. Artikel-artikel yang dibuat haruslah berisi informasi yang jelas dan bermanfaat dan jangan menyesatkan atau informasi palsu.

Seiring berjalannya waktu maka pengunjung blog kalian akan meningkat. Apalagi pengunjung organik maka sangat bagus sekali untuk perkembangan blog anda ke kedepan.

4. Rajin menerbitkan artikel

Langkah selanjutnya adalah dengan menerbitkan artikel secara konsisten. Biasanya hal ini yang sulit untuk dilakukan dan menjadi banyak blog yang tidak berkembang.

Banyaklah membaca dan melihat artikel-artikel di blog lain mengenai cara dan teknik dalam menulis artikel. Pastikan selalu menautkan kata kunci di setiap artikel yang sudah diterbutkan untuk meningkatkan kualitas SEO pada blog.

Bagaimana caranya supaya menerbitkan artikel secara konsisten? Caranya adalah mengambil komitmen sehari menulis 1 atau 2 artikel. Tidak ada cara lain, apabila menunda-nunda maka akan muncul rasa malas.

Apabila konsisten dalam sehari menulis 1 artikel maka dalam waktu 30 hari sudah memiliki tiga puluh artikel di blog. Jika menulis 2 artikel sehari maka akan memiliki 60 artikel dalam waktu satu bulan.

Apabila ini dilakukan secara konsisten maka akan sangat baik dan bagus untuk perkembangan blog anda.

5. template blog yang menarik

Langkah yang terakhir adalah membuat template yang menarik. JIka tidak bisa membuat template sendiri maka kalian bisa membeli template blog yang sudah jadi. 

Ada banyak jasa penjual template-template yang bagus dan responsive untuk pengguna blogspot.com atau untuk pengguna WordPres. Anda tinggal memilih dan menyesuaikan saja dengan kantong kalian masing-masing.

Dengan tampilan yang menarik maka pengunjung akan senang dan menyukai blog anda, sehingga ada kemungkinan mereka akan datang kembali untuk mengunjungi blog kalian. 

Ini saja yang bsia sya sampaikan, semoga dapat memberikan semangat. Jika ada pertanyaan maka dapat memberikan berkomentar di bawah.

Posting Komentar untuk "Membuat blog sederhana dan berkualitas"