Senin, 24 Juni 2024

Pentingnya kesetiaan kepada pasangan: mengapa harus setia?

Kesetiaan kepada pasangan merupakan sebuah komitmen untuk saling mencintai, saling mendukung dan tidak saling menyakiti. Kesetiaan merupakan sikap dan perilaku yang benar-benar dapat dipercaya.

Dalam kehidupan sehari-hari sering kali dijumpai orang-orang yang tidak setia terhadap pasangannya, bahkan pertengkaran dan perceraian dipertontonkan di media sosial. 

Tentu hal ini memberikan dampak yang kurang baik, sehingga membuat sebagian orang menganggap persoalan perceraian dan pertengkaran dalam rumah tangga adalah hal biasa.

Selain itu, kasus perselingkuhan juga banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan terjadi di sekitar kita. 

Hal ini menunjukkan bahwa kesetiaan terhadap pasangan menjadi problem yang dihadapi oleh pasangan muda atau pun pasangan suami-istri.

Kesetiaan kepada pasangan

Kesetiaan terhadap pasangan dapatlah diartikan sebagai ketulusan, tidak ingat janji, dan mampu mempertahankan keutuhan hubungan yang dijalani. Misalnya dalam menjalin hubungan cinta kasih maupun dalam membangun bahtera rumah tangga.

Meskipun kesetiaan adalah sikap dan perbuatan yang mulia, namun tak jarang orang yang tega menghianati pasangannya demi mencari kesenangan dan kepuasan diri sendiri. Hal ini memang sangat ironis, tetapi inilah kehidupan dan perjalanan cinta selalu banyak berakhir dengan penderitaan.

Setiap orang yang menjalin hubungan asmara pada umumnya selalu mengharapkan hubungan yang langgeng dan bahagia. Walaupun tidak semua sesuai dengan kenyataan, berusaha menjadi yang terbaik adalah langkah awal untuk menjadi orang yang setia.

Mengapa harus setia?

Mengapa kita harus setia kepada pasangan? Pertanyaan ini sebenarnya sudah ada jawabannya, namun seringkali setiap orang tidak menyadari dan sengaja bertindak  tidak setia dengan beberapa alasan.

Ada orang yang tidak setia karena membalas dendam karena pernah disakiti, ada yang melakukannya karena demi uang atau karena sudah bosan dengan pasangannya.

Selain itu ada juga yang sengaja melakukannya karena memang menyukai perselingkuhan. Begitu banyak warna-warni mengenai sikap tidak setia kepada pasangan, sehingga perlu kewaspadaan dan kehati-hatian dalam memilih pasangan hidup.

Tuhan selalu mengajarkan tentang kesetiaan, baik kesetiaan terhadap perintah-perintah-Nya maupun setia dalam menjalani kehidupan ini. Jadi sudah sepatutnya karakter setia di miliki oleh setiap orang, khususnya dalam membangun sebuah hubungan atau pun pernikahan.

Setia bisa dimulai dari diri sendiri, selalu memberikan yang terbaik dan juga tidak menghianati pasangan kita. Karena ketidaksetiaan akan memberikan dampak yang kurang baik kepada korban yang mengalaminya.

Banyak orang yang menjadi apatis dan tidak menikah karena mereka telah kecewa dan putus asa. Oleh sebab itu, mulailah untuk selalu membangun hubungan asmara dengan ketulusan dan kesetiaan. Apabila harus berakhir dan berpisah, maka alasannya bukanlah karena perselingkuhan.

Manfaat kesetiaan bagi diri sendiri dan pasangan

Kesetiaan terhadap pasangan tentulah memberikan manfaat dan dampak kepada diri sendiri dan juga kepada pasangan kalian. Orang-orang yang setia tentu akan menjalin hubungan dengan bahagia dan tanpa beban, karena mereka memberikan yang terbaik.

Kesetiaan juga memberikan dampak kepada diri sendiri, karena orang-orang di sekitar akan mempercayai kualitas dan integritas kepribadian kita. Manfaat kepada pasangan adalah ia akan menghargai dan menghormati pasangannya, karena telah dikasihi dengan tulus.

Kesetiaan akan memberikan dampak saling percaya kepada masing-masing pasangan, mereka akan selalu saling mendukung dan saling melengkapi.

Dampak jika tidak setia

Ketidaksetiaan juga akan memberikan dampak kepada pelaku, karena hukum tabur-tuai akan selalu berlaku bagi siapa saja. Ini adalah hukum yang pasti, karena setiap perilaku dan perbuatan akan selalu ada ganjarannya baik secara langsung maupun tidak langsung.

Mengingat bahwa ketidaksetiaan memiliki dampak yang signifikan terhadap perjalanan hidup seseorang, maka kesetiaan harusnya menjadi pilihan utama bagi semua orang. Dalam melakukan segala sesuatu hendaknya selalu mendasarinya dengan ketulusan dan juga kesetiaan.

Bagi kalian yang memiliki banyak persoalan tentang asmara, semoga segera mendapatkan pasangan yang tulus dan setia. Jika belum mendapatkannya, maka janganlah menyerah! Karena masih banyak orang yang baik hati dan orang-orang yang setia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Dia adalah hakim yang Adil: Mazmur 92

Adalah baik untuk menyanyikan syukur kepada TUHAN, dan untuk menyanyikan mazmur bagi Yang Maha Tinggi, karena Dia adalah hakim yang adil.  D...